Cara Memilih Nama Domain Yang Benar

By Unknown →
Salah satu faktor untuk menunjang kesuksesan dari sebuah teknik Search Engine Optimization adalah dengan menggunakan nama domain yang tepat sesuai dengan tujuan kita untuk membuat suatu situs ataupun blog. Mungkin hal ini akan sering dilupakan dan biasanya orang-orang meremehkan ketika sedang ingin membeli domain.

Cara memilih nama domain


Mungkin kita pernah bertanya, "Kenapa sih beli domain saja kok banyak sekali peraturannya?"

Sebenarnya ini bukanlah sebuah peraturan yang saklak yang memang harus kita taati. Tapi dengan menggunakan nama domain yang tepat, maka kita bisa mendongkrak situs kita ataupun blog kita untuk menempati posisi puncak dalam hasil pencarian di mesin pencari. Ini artinya dengan menggunakan nama domain yang tepat, maka kita bisa meningkatkan SEO dari situs atau blog yang kita buat.

Tips Untuk Memilih Nama Domain


1. Singkat Dan Mudah Di Ingat


Usahakan untuk membuat nama domain yang anda pilih adalah nama domain yang sesingkat mungkin. Nama domain yang singkat akan membantu pengunjung di situs/blog kita untuk mengingat-ingat situs kita. Harus kita ketahui bahwa sebagian pengguna internet akan mengetikkan alamat situs langsung di adress bar browser. Jika domain terlalu panjang, maka akibatnya akan susah untuk diingat-ingat.

2. Mudah Di Baca Dan Di Lafalkan


Detik.com, Yahoo.com, Google.com merupakan nama-nama domain yang mudah untuk dibaca dan juga dilafalkan. Coba bandingkan dengan uagahjkaj.com ataupun gdaadaydh.net tentu untuk mengingatnya saja sudah begitu susah bukan? Selain hal itu, dengan memilih nama domain yang mudah dibaca dan dilafalkan, maka akan mengurangi salah ketik oleh pengunjung website.

3. Hindari Penggunaan Angka Sebagai Singkatan


Sebagai contoh untu penggunaan angka sebagai singkatan adalah dengan menjadikan 1 untuk mewakili one/wan kemudian 2 untuk mewakili two/to dan juga 4 untuk mewakili four/for. Meskipun hal tersebut mudah untuk diingat, namun hal tersebut juga akan meningkatkan kemungkinan eror atau salah ketik ketika memasukkan alamat situs ke adress bar pada browser.

4. Ada Hubungannya Dengan Isi Dari Situs Anda


Jika situs yang kita buat merupakan website dari sebuah perusahaan ada baiknya dan memang seharusnya kita gunakan nama perusahaan tersebut sebagai nama domain kita. Selain itu kita juga bisa menggunakan alternatif untuk menggunakan nama produk yang kita jual ke dalam domain yang kita gunakan.

Dengan menggunakan nama perusahaan ataupun nama produk menjadi sebuah domain setidaknya dengan tahu domain dari situs kita, maka pengguna internet akan dengan mudah untuk memahami atau setidaknya mengerti isi dari situs tersebut.

5. Menggunakan Domain Internasional ([dot]com)


Menggunakan nama domain [dot]com sangatlah saya rekomendasikan untuk pemilihan nama domain anda. Hal ini disebabkan karena nama domain [dot]com sudah sangatlah banyak digunakan orang-orang dan sudah menjadi hal yang umum dalam dunia internet.

Bayangkan saja ketika pengunjung situs anda mengetikkan nama domain anda degan menggunakan [dot]net, kemungkinan besar mereka akan nyasar ke situs lain sehingga anda akan kehilangan pengunjung situs anda.

6. Untuk Personal Branding, Gunakan Nama Anda


Jika anda ingin mengangkat nama anda atau mempopulerkan nama anda daam dunia online, gunakanlah nama anda sebagai nama domain. Misalkan saja bayuonline.com. Jangan gunakan isi konten ataupun produk yang anda jual jika ingin membuat sebuah personal branding.

7. Gunakan Top/Best Untuk Website Review


Jika anda ingin menggunakan situs anda sebagai alat untuk affiliate marketing dalam bentuk review, maka gunakanlah kata-kata seperti top ataupun best. Hal ini akan membantu anda untuk memberikan kesan wah kepada pengunjung situs anda.

8. Gunakan Kata Kunci Sebagai Domain


Dalam membuat sebuah blog ataupun situs di internet, tentunya kita tidak bisa lepas dan melupakan keyword. Tujuan untuk menentukan keyword ini adalah kita bisa mendapatkan pengunjung yang tertarget yang datang di situs kita.

Sebelum membuat blog, saya sangat yakin bahwa anda sudah melakukan penelitian kata kunci untuk menentukan kata kunci yang pas untuk blog kita. Jika belum, anda bisa menggunakan Google Adwords Keyword Tools untuk mencari kata kunci untuk situs anda.

Lantas apa sih pentingnya kok harus di taruh dalam domain itu kata kunci? Iya mudah saja sebenarnya, dengan menaruh kata kunci di dalam nama domain, maka kesempatan situs kita akan berada di nomor satu pencarian google dengan kata kunci tersebut akan semakin besar. Maka anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak ke situs anda.
Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Cara Memilih Nama Domain Yang Benar"

ADD COMMENT
  1. dot com itu berbayar ya.. caranya gimana.
    masih setia ama blogspot nih :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berbayar,, tapi murah kok.. Paling ngga ada 100rb untuk satu tahunnya....

      Delete
    2. bisa ke studiobagus.com aja gan, harga domain murah cuma 90rb/thn, mantap supportnya,
      Hostingnya juga murah cuma 50rb/thn, bisa dapet space 500mb dan bandwidth-nya 50gb + nama domain gratis

      http://studiobagus.com

      Delete
  2. bisa ke studiobagus.com aja gan, harga domain murah cuma 90rb/thn, mantap supportnya,
    Hostingnya juga murah cuma 50rb/thn, bisa dapet space 500mb dan bandwidth-nya 50gb + nama domain gratis

    http://studiobagus.com

    ReplyDelete