Tags:

Apa Itu SEO? Panduan Mudah Untuk Pemula

By Unknown →
Mungkin sebagian kita masih bertanya-tanya sebuah konsep dasar mengenai "Apa Itu SEO? Dan Mengapa Kita Membutuhkannya?" Ada banyak sekali blogger atau mungkin webmaster yang sudah berkecimpung di dalam bidang online, masih bingung dan masih belum bisa memahami sebuah konsep dasar mengenai SEO.


Untuk alasan di atas, pada artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan konsep dasar mengenai SEO. Dan disini juga saya akan mencoba menjawab tiga pertanyaan dasar yang saling terintegrasi terkait dengan hal tersebut.

  1. Apa Itu SEO?
  2. Bagaimana Mesin Pencari Sebenarnya Bekerja?
  3. Mengapa Kita Membutuhkan SEO?

Secara Teknis, Search Engine Optimization merupakan sebuah pengetahuan yang mempunyai tujuan akhir untuk membuat sebuah situs online menjadi search engine friendly. Pada saat ini, mensin pencari sudah sangatlah pintar sekali dengan didukung dengan algoritma yang kompleks sehingga mampu untuk menjawab segala pertanyaan yang ditanyakan kepadanya. 

Namun anda juga bisa menyangkal pendapat saya di atas jika anda mempunyai sebuah alasan yang bisa dilogika. Tapi mengapa kita masih membutuhkan SEO? Mesin pencari bisa memberikan jawaban dengan kerjanya sendiri, namun kenapa kok masih perlu bantuan kita untuk melakukan sebuah teknik SEO?

Iya memang mesin pencari cukup cerdas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, namun alasannya tidak seperti yang ada dalam fikiran kita, jadi bacalah postingan ini sampai selesai untuk menyimpulkannya sendiri.

Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?


Salah satu dasar yang harus kita ketahui sebelum melakukan teknik SEO adalah mengetahui bagaimana sebenarnya mesin pencari bekerja. Kenapa harus belajar ini? Karena pada dasarnya ketika kita melakukan teknik SEO kita tidak boleh melupakan bahwa singkatan dari SE sendiri adalah Search Engine (Mesin Pencari) maka dari itu kita harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu untuk menentukan langkah apa yang ingin kita ambil selanjutnya.

Pada dasarnya, mesin pencari melakukan dua tugas besar yang dominan. Yang pertama adalah indexing dan yang kedua adalah memberikan sebuah jawaban ketika ada orang yang memasukkan sebuah kueri atau sebuah kata atau frasa tertentu.

Crawling dan Indexing


Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia crawling dan indexing ini akan menjadi merayapi dan membuat sebuah indeks. Seperti yang kita ketahui secara umum sebuah mesin pencari mempunyai spiders (Laba-laba perayap) atau sering juga disebut bot (Mesin perayap). Mesin perayap inilah yang nantinya akan menelusuri setiap sudut dari halaman website.

Indeks yang akan dicari bisa berupa sebuah halaman website, gambar, video, ataupun file-file lainnya yang dirasa olehnya itu penting. Dari setiap halaman tersebut saling dihubungkan oleh sebuah link yang dalam istilah teknisnya biasa disebut dengan Hyperlinks.


Hyperlinks ini akan berperan sebagai sebuah jembatan dimana bisa digunakan oleh pengunjung ataupun crawlers untuk menemukan sebuah halaman web. Kita bisa saja untuk menghalangi mesin pencari ataupun crawlers untuk menemukan halaman web yang kita buat. Namun untuk saat ini kita tidak akan mendalami mengenai bahasan tersebut. Karena saat ini lebih baik untuk memahami bagaimana cara kerja mesin pencari.

Jadi pada dasarnya crawler dari mesin pencari sendiri akan merayapi seluruh halaman web dan mebuat sebuah indeks. Nah, ketika ada seseorang memasukkan sebuah kata kunci atau bertanya mengenai sesuatu di mesin pencari, maka mesin pencari akan menggunakan indeks yang sangatlah besar ini untuk memberikan sebuah jawaban yang relevan.

Memberikan Sebuah Jawaban


Sistem kerja sebuah mesin pencari yang kedua setelah membuat sebuah indeks adalah memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan kepadanya. Sepertinya pekerjaan ini sangat simple sekali, namun kenyataannya sungguh sangat berbeda. Mungkin akan sangatlah simple ketika jawaban yang diberikan atas sebuah pertanyaan jumlahnya sedikit. Namun pada kenyataannya jawaban yang diberikan (hasil pencarian) adalah sangat banyak sekali bahkan sampai jutaan yang tulisan yang muncul ketika kita menuliskan sebuah kalimat di mesin pancari.

Dengan kata lain, sebuah mesin pencari harus bisa menyajikan hasil pencarian yang mempunyai dua unsur yaitu relevansi dan popularity.

Relevansi

Dalam mengurutkan hasil pencarian yang diberikan, aspek yang pertama dipertimbangkan oleh mesin pencari adalah relevansi. Karena pasti akan ada hasil yang sangatlah banyak yang akan muncul, namun untuk urutan hasil dari pencarian akan didahulukan konten yang paling relevan menurut mesin pencari.

Misalkan saja ketika anda memasukkan kalimat "Blackberry yang paling murah", Kemudian hasil yang keluar adalah "album terbaru dari ungu", apakah ini bisa dibilang relevan? Berterima kasihlah kepada mesin pencari karena dia tidaklah sebodoh itu dalam hal memberikan jawaban. Dan ketika kita mencari "Blackberry yang paling murah" pun masih banyak sekali hasil yang relevan. Namun mesin pencari bisa memfilter "Mana yang paling relevan atau minimal mana yang paling mempunyai kualitas" .

Untuk memberikan sebuah hasil penelusuran yang paling relevan dan berkualitas, mesin pencari akan memberikan titik berat dalam hal relevansi.

Popularitas

Relevansi saja sebagai sebuah pendekatan yang digunakan mesin pencari untuk memberikan sebuah hasil pencarian rasanya masih kurang. Jadi mesin pencari juga menggunakan pendekatan popularitas. Premis ini bisa dipahami dengan sangat mudah. Bayangkan bahwa mesin pencari adalah sebuah website yang sangat populer atau sangat terpercaya dalam memberikan jawaban. Dan hal tersebut sudah dikenal sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membuat website ataupun blog populer dimata mesin pencari? Hal yang mungkin adalah dengan mendapatkan pilihan (Vote). Dan sekarang mungkin anda akan bertanya kepada saya lagi, bagaimana carana mendapatkan voting untuk blog saya? Dan bagaimana bentuk dari voting tersebut sebenarnya?

Jawabannya adalah sangat simple sekali, dengan mendapatkan link. Namun link yang kita dapatkan dari website ataupun blog lain. Dan cara termudahnya adalah dengan mencari link sebanyak-banyaknya dari blog yang sudah populer sebelumnya (Biasanya yang mempunyai PR tinggi).

Mengapa Kita Memerlukan SEO?


Sekarang setelah kita sudah memahami bagaimana mesin pencari itu bekerja, sekarang barulah kita akan membahas mengapa kita membutuhkan SEO. Mungkin anda akan bertanya kepada saya "Kenapa kita masih membutuhkan SEO, bukankah saat ini mesin pencari sudah begitu pintar untuk melakukan pekerjaannya sendiri?" Dan mengapa sih kita harus membuat sebuah situs yang search engine friendly untuk terlihat di hasil pencarian dari mesin pencari?


Jawabannya sebenarnya cukup simple juga. Hasil pencarian dari google tidaklah sedikit untuk sebuah kueri atau kata kunci. Ada jutaan hasil yang diberikan oleh mesin pencari. Malah untuk beberapa kueri, agar bisa memberikan hasil yang relevan membutuhkan beberapa waktu. Jadi memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk membuat situs anda cukup populer dan penting di mata mesin pencari.

Jadi, SEO merupakan pekerjaan atau kewajiban kita, untuk membuat situs atau blog yang kita miliki bisa teroptimisasi untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan lebih cepat. Jika anda memahami hal tersebut di atas, maka anda akan bisa dengan mudah untuk melakukan optimisasi agar bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam SERP (Search Engine Results Page). Jadi, inilah SEO sebenarnya.

Pada kenyataannya setiap orang tidak pernah mengetahui apa yang sebenarnya menyusun algoritma mesin pencari. Namun tidak ada yang perlu ditakuti sebenarnya. Sudah banyak orang yang melakukan penelitian dan mempunyai pengalaman mengenaii optimisasi halaman web, jadi kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Jika kita menggunakan teknik SEO yang benar, maka sukses tidak akan jauh dari kita.

Teknik Optimisasi Yang Digunakan Dalam SEO


Setelah kita mempelajari mengenai SEO, sekarang adalah waktunya kita mengetahui teknik SEO yang bisa kita gunakan untuk optimisasi halaman web kita. Ada dua garis besar jika kita berbicara mengenai teknik optimisasi halaman blog, yang pertama adalah on page optimization, dan yang kedua adalah off page optimization. Dan disini saya hanya akan memberikan garis besarnya saja, untuk selengkapnya akan saya tulis di tulisan lain di lain waktu juga.

On Page Optimization

Sebenarnya mudah saja jika ingin mempelajari mengenai hal ini, On Page Optimization adalah hal yang kita lakukan terkait dengan optimasi isi/konten dan struktur dari website yang kita miliki. Hal dasar yang harus anda lakukan untuk teknik optimisasi ini adalah dengan pencarian kata kunci atau sering disebut juga dengan keywords research.

Anda bisa dengan mudah menentukan kata kunci yang tepat untuk blog anda. Kata kunci inilah yang nantinya akan memberikan hasil pencarian terbaik dan memberikan banyak pengunjung ke blog anda. Untuk menentukan kata kunci, anda harus benar-benar mencari kata kunci yang banyak di cari orang di mesin pencari.

Hal lain yang juga harus anda perhatikan adalah keyword density (kepadatan kata kunci). Hal ini harus anda lakukan ketika anda menulis sebuah artikel atau konten dari blog. Kurang atau lebihnya kepadatan kata kunci di blog anda akan memberikan hasil yang berbeda. Kamu harus mengutamakan peletakan kata kunci di judul blog, domain, atau mungkin di judul postingan untuk mempermudah mesin pencari memahami topik apa yang sedang anda bahas di web anda.

Hal yang perlu anda pahami bahwa mesin pencari tidak secara manual memilih kemudian memberikan rangking kepada sebuah web ataupun blog, namun mereka menggunakan program otomatis yang disusun dengan sebuah algoritma yang rumit.

Off Page Optimization

Hal ini erat kaitannya dengan mendapatkan backlink. Backlink merupakan voting yang anda dapatkan seperti yang saya jelaskan di paragraf sebelumnya. Off Page Optimization lebih penting daripada On Page Optimization dan anda harus memberikan perhatian lebih pada hal ini.

Intinya kita harus mendapatkan backlink yang berkualitas. Jangan lupakan bahwa backlink berkualitas sangatlah berbeda dengan kuantitas. Ratusan bahkan ribuan backlink tidak akan membantu disini. Jadi anda harus fokus untuk mendapatkan backlink dari situs ataupun blog yang sudah populer sebelumnya.

Dan saya rasa cukup dulu penjelasan saya, mungkin kalau diberi kesempatan saya akan membahas mengenai topik ini lebih jauh lagi. Jadi jangan lupa tinggalkan komentar agar saya bisa menulis lebih baik lagi. Dan semoga sukses.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Apa Itu SEO? Panduan Mudah Untuk Pemula "