Bisnis Plan Yang Simple Dan Efektif Untuk Blogger

By Unknown →
Blog merupakan sebuah sarana bisnis online bagi yang bisa mencapai ke titik tersebut. Namun sayangnya masih banyak blogger yang tidak bisa mencapai hal tersebut. Kebanyakan mereka frustasi sebelum mereka sampai ke sebuat titik dimana mereka akan menghasilkan uang dari sana. Banyak hal yang menyebabkan para blogger frustasi dan meninggalkan kegiatan ngeblognya. Ini sangat disayangkan karena pada dasarnya mereka tidak mempunyai sebuah bisnis plan untuk blog mereka.

Menciptakan sebuah bisnis online merupakan suatu tujuan yang harus dicapai untuk semua blogger. Dan jika kita bicara mengenai tujuan, janganlah kita selalu melihat ke belakang dan menyesali apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Bisnis adalah bicara mengenai masa depan. Dan kita harus mempunyai sebuah strategi dan taktik agar kita bisa sukses menjadi seorang blogger profesional.

bisnis plan untuk blogger

Namun sebelumnya sebagai seorang blogger, apakah anda mempunyai sebuah bisnis plan? Saya rasa kamu pasti tidak pernah memikirkan hal tersebut. Padahal hal tersebutlah yang nantinya akan membawa anda ke tujuan yang telah kamu impi-impikan sebelumnya. Sekarang cobalah berfikir untuk masa depan anda dan mulailah dari sini untuk membuat suatu bisnis plan untuk blog kamu.

Dan saya disini hanya ingin untuk memberikan contoh simple dan aku rasa ini efektif untuk dilakukan jika kamu ingin membuat blogmu menjadi sebuah bisnis online yang profit tentunya

Bisnis Plan Simple Untuk Blogger

1.Tujuan

Iya, itu memang sebuah inti dari sebuah bisnis. Kamu harus bisa mendefinisikan tujuan kamu untuk menjadi blogger. Artinya jika kamu mempunyai tujuan yang jelas, maka pasti kamu akan mempunyai sebuah rencana dan lagkah-langkah strategis untuk mencapainya. Tanpa tujuan? saya rasa semua akan menjadi biasa-biasa saja.  Ingat sesuatu yang sudah direncanakan dengan matangpun terkadang belum bisa memberikan hasil yang maksimal, apalagi yang tidak kamu rencanakan. Bener bukan? 

Jika kamu ingin menjadi pebisnis online, tentu saja tujuan kamu adalah "Keuntungan & Pendapatan". Dan itu harus mulai kamu tanamkan sebagai sebuah misi kedepanmu. Dan satu hal lagi, kamu harus tahu siapa pembaca blogmu. Jadi berikan yang terbaik untuk mereka sebelum kamu mengharap yang terbaik dari mereka.

2. Brand Untuk Blogmu

Membangun brand adalah hal yang terpenting dalam sebuah bisnis. Bagaimana orang mengenal bisnis anda jika bisnis anda tidak mempunyai brand sama sekali. Misalkan saja para pro blogger yang telah sukses untuk membangun brandnya adalah Problogger.net atau ShoutMeLoud.com. Pemilik blog tersebut sekarang sudah bisa menikmati hasil dari ngeblog mereka.

3. Analisa SWOT

Menganalisa kondisi dengan metode SWOT merupakan hal terpenting dalam sebuah bisnis. Disini nanti kamu akan menemukan apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih baik. SWOT sendiri terdiri dari S = Strong W = Weakness O = Opportunity T = Threat

Strong

Jika kamu mempunyai suatu kelebihan dalam suatu bidang tertentu, maka itu akan memberikan keuntungan dan akan mempermudah kamu untuk membangun suatu brand disitu.

Weakness

Jika kamu mempunyai suatu kelemahan dalam bidang tersebut, maka mencobalah untuk menutupi hal tersebut dan jika kamu benar-benar bisa melewatinya, maka saya yakin pasti kamu akan menjadi orang yang luar biasa di bidang tersebut.

Opportunity

Misalkan saja kamu mempunyai koneksi internet yang cukup atau mungkin malah bisa dibilang cepat, itu merupakan suatu peluang atau oportunity yang harus kamu maksimalkan. Karena kesempatan seperti itu biasanya tidak datang untuk kedua kalinya jadi jangan sampai kamu lewatkan.

Threat

Dalam sebuah bisnis, tentunya ada banyak ancaman atau kalau lebih mudahnya bisa disebut kompetitor. Dan disini kamu harus tahu siapa kompetitormu dan bagaimana cara agar kamu bisa untuk mengalahkannya atau paling tidak kamu bisa mengimbangi mereka. Jika kompetitor kamu sudah kuat, cobalah untuk mencari ladang yang belum mempunyai pesaing yang berat. Kamu akan mendapatkan keuntungan disana.

Rencana Keuangan

Iya memang dalam sebuah bisnis pastilah dibutuhkan suatu modal atau kebutuhan finansial. Itu  bisa saja untuk membeli pulsa modem atau membayar paket internet atau mungkin yang lainnya.

Kamu juga harus membeli top level domain jika kamu memang ingin serius untuk menggeluti bidang blogging. Karena semua itu akan berbanding lurus dengan hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

Nah, itu merupakan suatu konsep bisnis plan yang simple untuk blogger, jika mungkin kamu mempunyai suatu konsep lain silahkan bisa kamu bagikan dengan meninggalkan komentar di bawah ini.


Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Bisnis Plan Yang Simple Dan Efektif Untuk Blogger"

ADD COMMENT
  1. Setuju banget,..Untuk segala jenis Marketing adalah jitu dengan Analisa SWOT,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak keuntungannya mas kalau menggunakan analisa SWOT..

      Delete