Hanya membuat blog belumlah cukup untuk menjadi seorang blogger sukses.

Jika tidak berawal dari hobby untuk menjadi bloggers ataupun mempunyai hobby untuk menulis, aku rasa kamu tidak akan lama berada dalam dunia blogger (blogsphere). Namun kamu juga harus tahu sebelumnya mengapa aku menyukai blogging. Kalau kamu sudah tahu alasan tersebut, aku rasa kamu akan berfikir kembali jika tidak ingin menjadi blogger.


Sudah ada jutaan blog di luar sana, namun banyak dari mereka yang belum bisa menembus kata "Sukses". Hal ini disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah karena tidak mempunyai strategi untuk menjadi blogger yang sukses. Namun untuk mengetahui strategi itu, kamu harus belajar dengan tekun.

Namun aku rasa kamu harus tahu apakah kamu cocok untuk menjadi blogger? Paling tidak kamu mengetahui potensi untuk menjadi blogger ada dalam diri kamu.

Dalam postingan ini, kamu tidak hanya belajar blogging untuk pemula. Tetapi kamu akan mendapatkan 17 langkah-langkah konkret yang dapat kamu ambil untuk secara dramatis meningkatkan peluang kamu untuk sukses.
Tidak masalah jika kamu belum mulai blog atau belum, atau jika kamu seorang veteran, karena hanya satu dari tips ini dapat membuat perbedaan besar dalam hidup kamu dan dalam dunia blogging kamu sendiri. Nah, tidak usah berlama-lama saya akan membahas mengenai hal yang aku katakan di atas.

1. Gairah

Jangan hanya memulai sebuah blog karena kamu ingin mencari uang dari blog kamu. Tidak ada jalan pintas menuju sukses.

Jika kamu ingin membangun sebuah blog yang berkembang yang membawa pendapatan, kamu akan harus bekerja keras, dan tetap termotivasi, kamu harus menemukan sesuatu yang kamu sukai. Atau setidaknya sesuatu yang membuat kamu tertarik

2. Tujuan

Bila tujuan kamu lemah, kemungkinan kamu menyerah di suatu tempat di sepanjang jalan naik secara dramatis.
Jadi tanyakan pada diri kamu pertanyaan-pertanyaan berikut:

Mengapa kamu memulai sebuah blog?
Apa yang kamu ingin keluar dan melakukan hal ini?
Mengapa kamu ingin sukses?
Jika kamu memiliki alasan yang kuat untuk memulai blog kamu, kamu akan pergi jauh. Ini adalah permainan jangka panjang. Kamu harus selalu ingat hal tersebut.

3. Niche (Topik Blog)

Langkah berikutnya adalah untuk menemukan niche blog kamu. Cara terbaik untuk berdiri keluar dari semua jutaan blog di luar sana adalah menjadi seorang ahli di daerah yang sangat bertarget. Pikirkan untuk mengubah blog kamu mencadi blog yang membahas ke spesifik topik tertentu.

Kamu harus menjadi sebuah buku, bukan hanya tips blogging umum. Dapatkan topik yang spesifik dan kamu akan pergi jauh untuk menjadi blogger yang sukses.

4. Memecahkan Masalah

Hal akan membuat orang tertarik adalah kamu bisa memecahkan masalah-masalah yang ada di dalam topik/niche yang telah kamu pilih. Uang akan datang jika kamu telah mampu untuk memecahkan masalah. Karena orang-orang akan akan mau untuk berlangganan artikel kamu jika kamu mau untuk belajar dan berhasil memecahkan masalah.
Jadi pertama temukanlah masalah yang ada pada topik yang kamu pilih. Kemudian lakukanlah sebuah penelitian kecil untuk memecahkan masalah tersebut. Maka orang akan menghargai hasil dari penelitian kamu.

5. Kepribadian

Untuk benar-benar bisa berdiri di antara kebisingan, kamu harus memasukkan kepribadian kamu. Paling tidak kamu bisa memberikan sesuatu yang unik yang bisa kamu selipkan ke dalam setiap postingan blog kamu.

Ada banyak sekali orang di luar sana yang mengajarkan sesuatu yang sebenarnya dia sendiri tidaklah terlalu memahami hal yang mereka ajarkan.

Namun jika memang kamu belum mempunyai pengalaman, mulailah belajar sedikit demi sedikit. Kemudian bagikan setiap hasil belajar ke audiens blog kamu. Karena orang akan lebih suka untuk belajar dari pengalaman seseorang.

6. Nama Domain Yang Unik

Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan dari sebuah blog, salah satunya adalah nama domain. Nah, untuk itu kamu harus memilih nama domain untuk menentukan massa depan blog kamu. Bisa saja nama domain kamu yang akan membawa kesuksesan blog kamu.
Di bawah ini merupakan sedikit tips untuk menentukan nama domain yang akan kamu pilih di blog kamu :
  • unik 
  • berkesan 
  • Mudah dieja 
  • singkat 
Kamu memilih domain dengan nama yang sulit, maka hal tersebut akan sedikit menghambat kemajuan blog kamu.

7. Pilih Template Blog Kamu

Tampilah merupakan salah satu hal yang menunjuang performa blog kamu. Entah itu kamu memilih supaya terlihat profesional, elegan, ataupun yang lainnya. Dari tempilan blog saja orang akan bisa menilai keseriusan kamu untuk menjadi blogger.

Untuk itu kamu juga harus memilih template yang pas dengan hatimu, agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari. Nah, sebelumnya aku juga sudah mengumpulkan beberapa template yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

4 Responsive Template Blogger Gratis
30 Template Wordpress Gratis Terbaik Tahun 2012
16 Template Blogger Gratis Dengan JQuery Slideshow

Itu merupakan kumpulan template gratis yang telah dibuat oleh blogger-blogger yang berbaik hati yang sudah susah payah membuatkannya untuk kamu.

8. Analytics

Menganalisa blog merupakan hal yang harus kamu lakukan jika blog kamu ingin sukses di kemudian hari. Terutama kamu harus menganalisa traffic blog kamu, karena dengan konten yang bagus tanpa adanya traffic maka itu sama saja kamu melakukan hal yang sia-sia.

Kamu harus memastikan bahwa traffic di blog kamu harus selalu bertambah dari bulan ke bulan. Kalau memang blog kamu mempunyai traffic yang tinggi namun juga mempunyai bounce rates yang tinggi pula, aku sarankan kamu agar membaca artikel di bawah ini :

Cara Menurunkan Bounce Rates

9. Konten Strategi

Kamu harus mempunyai sebuah strategi dalam mengisi blogmu. Untuk melihat seberapa strategi yang sudah kamu persiapkan, maka coba untuk memikirkan lagi pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :

Konten akan kamu buat dalam bentuk apa? (Audio, Text, atau Video)
Bagaimana kamu membuat konten tersebut?
Berapa sering kamu publish konten yang baru?
Bagaimana caramu membuat pembacamu bisa membaca artikel-artikel blog kamu yang lama?
Bagaimana caranya kamu memanfaatkan artikel blog kamu untuk menumbuhkan bisnis kamu?

Karena pada dasarnya kekuatan dari sebuah blog adalah konten yang ada di dalamnya. Maka dari itu kamu harus mempunyai strategi untuk mengelola konten di blog kamu agar memperoleh hasil yang maksimal nantinya.

10. Monetization

Langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya membuat blog kamu menghasilkan uang. Apakah kamu ingin mencari uang lewat blog kamu?
Kalau kamu tidak berniat untuk mencari uang lewat blog kamu, maka kamu bisa melewati langkah ini. Namun sebagian dari blogger membuat blog bertujuan untuk mencari penghasilan pasif dari blog mereka. Maka dari itu mereka seharusnya mempunyai bisnis plan mengenai blog mereka.
Untuk monetization blog kamu, kamu harus benar-benar memilih provider yang sudah terbukti membayar dengan bisnis online. Misalkan saja Google Adsense, Infolinks kalau dari indonesia saya rekomendasikan kamu menggandeng SITTI untuk perikanan di blog kamu.

11. Pencarian Traffic

Hal ini juga merupakan sebuah hal yang sangat penting sekali. Apalagi bagi kamu yang ingin mencari penghasilan melalui blog kamu. Kamu harus membuat strategi untuk mendatangkan traffic ke blog kamu.

Mungkin sebagai sebuah awalan kamu memakai strategi dengan meninggalkan komentar di blog-blog sahabat kamu. Kalau di luar negeri sana banyak blogger yang menjadi guest blogger untuk membangun traffic di blog mereka. Namun aku rasa cara ini belum begitu populer di Indonesia.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, ataupun jejaring sosial yang lainnya. Aktif di forum-forum blogger juga merupakan cara yang efektif untuk membangun traffic ke blog kamu.

12. Harapan Kamu (Impian)

Yang terakhir, namun juga tidak kalah penting adalah kamu harus mempunyai impian dari blog kamu. Ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kamu jawab sendiri :

Apa yang kamu harapkan dengan blog kamu 6 bulan kedepan?
Apa yang akan terjadi jika impian itu tidak tercapai?
Mengapa kamu menginginkan hasil tersebut?
Memberi batasan waktu untuk suatu impian merupakan hal yang sangan esensial namun jarang dimengerti oleh sebagian orang khususnya blogger. Kalau kamu sudah menentukan batasan waktu untuk suatu kesuksesan kamu akan selalu berusaha untuk mencapainya. Entah apapun cara yang kamu gunakan.

Kalau boleh saya berbagi dengan semangat yang dimiliki oleh rekan-rekan di HMI, yang hanya karena satu kalimat yang selalu bisa membuat mereka optimis dalam melakukan sesuatu.

"Yakin Usaha Sampai"

Kalau ada keyakinan untuk sukses dan juga diimbangi dengan segenap usaha, pasti impian kamu akan tercapai. Tanpa adanya keyakinan dan usaha, mustahil hal tersebut akan tercapai.

Ringkasan

Sekarang apapun yang kamu lakukan akan menentukan masa depan kamu sendiri. Entah kamu mau mengikuti saran aku, atau mungkin kamu mengikuti saran-saran dari blogger lain yang mungkin memang lebih baik, itu tidak masalah. Asalkan kamu bisa menjalankannya dengan baik.

Namun hal yang perlu diingat adalah : Untuk menjadi blogger yang sukses, tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu dan kerja keras. Maka dari itu jangan pernah menyerah kawan. Saya yakin kamuu bisa sukses jika kamu tidak berhenti di tengah jalan, jangan sampai kamu kehilangan motivasi. Jika kamu merasa kehilangan motivasi cobalah untuk membaca artikel di bawah ini, mungkin bisa sedikit mengiburmu :

Kebanyakkan Blogger Adalah Pemalas

Saya rasa cukup sekian untuk tulisan saya kali ini. Kalau mau ada hal yang menarik untuk kita diskusikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Karena dengan kita mendiskusikan suatu permasalahan, pasti kita akan di beri jalan keluar.

Semoga Bermanfaat
Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Belajar Membuat Blog | 12 Tips Sebelum Memulai Blog "